Kamis, 23 Maret 2023

PENDIDIKAN TERHADAP KEBUDAYAAN.

PENDIDIKAN TERHADAP KEBUDAYAAN.


Nama  : Asbi Ade
Nim     : 22132013
Prodi   : MPI
Kelas E13


        Pendidikan adalah proses belajar yang di dapatkan oleh manusia didalam lingkungan sekolah. Pendidikan yang praktis tidak dapat dipisahkan pada nilai-nilai budaya. Transfer nilai budaya yang paling efektif adalah melalui proses pendidikan. Keduanya sangat berhubungan karena saling melengkapi dan mendukung antara satu sama lain.

        Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan merupakan suatu usaha masyarakat dalam mempersiapkan generasi mudanya bagi keberlangsungan hidup yang lebih baik. Keberlangsungan hidup di tandai dengan pewarisan budaya dan karakter yang dimiliki masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan adalah proses pewarisan budaya dan karakter bangsa bagi generasi muda serta proses pengembangan budaya dan karakter bangsa dalam meningkatkan kualitas hidup di masa depan.

          Dalam proses pendidikan budaya dan karakter bangsa, secara aktif peserta didik mengembangkan potensi dirinya, dengan melakukan proses internalisasi dan penghayatan nilai-nilai budaya. Pendidikan dipandang sebagai pelaksanaan Acculturation and Culturation, artinya pendidikan sebagai sarana pengembangan budaya, ekonomi, teknologi dan pengetahuan sekaligus dapat mengembangkan sikap hidup yang tercermin dalam sistem kemasyarakatan sehingga mampu menghadapi perkembangan yang ada tanpa membawa akibat destruktif terhadap identitas bangsa sebagai subjek budaya. Dalam masyarakat modern proses pendidikan didasarkan pada program pendidikan secara formal dengan melalui pendidikan di sekolah. Sebab, siswa belajar berbagai macam hal untuk menunjukkan adanya perubahan yang sifatnya positif sehingga pada tahap akhir siswa mendapatkan keterampilan, kecakapan dan pengetahuan yang baru.

1 komentar:

Makalah Pendidikan

​Nama : Asbi Ade (22132013)              Isra M Bano              Darmawan Mahe              Faturrahman Tiabo BAB I PENDAHULUAN A. Latar Be...